Home » , , » Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau )

Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau )

Photobucket

Written By kliklihat.com on Saturday, February 2, 2013 | 10:30 AM

Share this article :
Sebuah legenda turun temurun, ternyata Bono di Sungai Kampar berjumlah tujuh ekor. Ini ditandai jumlah gelombang pasang yang masuk ke hilir sungai Kampar. Tapi, kini jumlahnya tinggal enam, karena satu mati ditembak Belanda.
dan sebelumnya kliklihat juga membuat artikel yang sama tapi dengan "judul Mengenal Gelombang Tujuh Hantu Bono"

Cerita ini juga diyakini warga yang hidup di wilayah pesisir, dari hilir Sungai Kampar hingga hulu ke Kecamatan Langgam. Kata Atan (57), dari Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, warga menyebut bahwa Bono di Sungai Kampar berjenis kelamin Jantan, sedangnya betina berada di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.
"Bono ini ada dua jenis. Satu jantan di Sungai Kampar, dan betina di sungai Rokan, Bagansiapi-api," katanya.

Keyakinan Atan ini ditunjukkan bahwa Bono di Kampar berkelamin jantan adanya gelombang yang tinggi (vertikal), sedangkan betina, ditandai dengan gelombang horizontal alias melebar. "Makanya, banyak kapal di Bagansiapiapi selalu terjerat (tersangkut) di tengah laut akibat Bono atau Beting sebutan orang melayu Bagan," katanya.

Sementara, warga lain di Desa Pulau Muda, menjelaskan pada musim pasang mati, Bono ini pergi menuju betina di sungai Rokan, Kabupaten Rokan Hilir. Lalu bercengkrama di Selat Melaka. Apabila pasang mulai membesar, maka kembalilah mereka ke tempat masing-masing, semakin besar arus pasang semakin gembiralah mereka berpacu memudiki sungai.

Sementara ada pula menyakini, Bono hadir sebagai hantu laut, yang datang mencari mangsa. Cerita ini sedikit yang mempercayai. Namun, tingginya gelombang dan banyaknya korban yang terisap dari kuatnya arus air membuat warga takut untuk melintasi perairanini.

"Tak terhitung lagi, sudah banyak korban yang dimakan hantu laut itu. Intinya bila kami melintasi pukul siang hari, biasanya kami menghindar hantu laut itu ke tepi sungai," kata Suaep, warga Desa Pulau Muda, yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan tangkap.

Bagi masyarakat tempatan yang sudah terbiasa dengan kedatangan Bono dan bernyali besar. Kedatangan Bono disambut dengan memacukan kapal motornya meluncur ke lidah ombak di punggung Bono bagaikan pemain selancar, atraksi ini oleh penduduk tempatan disebut 'Bekudo Bono' karena memang mirip dengan atraksi seorang joki yang sedang berusaha menjinakkan kuda liar. (And)

Share this article :
Anda sedang membaca Artikel tentang Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) ndan anda bisa menemukan Artikel Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) ini dengan URL http://charphatianews.blogspot.com/2013/02/misteri-wisata-gelombang-bono-sungai.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) sebagai Sumbernya.
Photobucket

Ditulis Oleh : kliklihat.com

Artikel Misteri Wisata Gelombang Bono ( sungai kampar Riau ) Semoga bermanfaat bagi sobat blog. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

+ komentar + 1 komentar

2/25/2013 7:00 PM

yg pernah sayadenger cuma cerita 7 hantu laut bono..tapi pas jaman apa gitu (lupa) mati satu karena kena meriam atau sejenisnya.jadi sekarang ada 6 hantu lautnya

Post a Comment

terimakasih atas kunjungan anda -

 
Support : Creating Website | KLIKLIHAT | KLIKLIHAT
Copyright © 2011. noname - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MASKOLIS
Proudly powered by Blogger