Home » , , » Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes

Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes

Photobucket

Written By kliklihat.com on Friday, November 23, 2012 | 9:58 AM

Share this article :
DIABETES tidak hanya harus diwaspadai oleh para orangtua saja. Pasalnya, penyakit serius ini pun siap mengancam kesehatan para kawula muda.

Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolik yang sering kali dirisaukan oleh orangtua yang ada di tahap lansia. Karena di usia 50, umumnya manusia rentan terhadap penyakit-penyakit akibat akumulasi gaya hidup yang kurang sehat, seperti diabetes, stroke, serta osteoporosis.

Namun, gaya hidup modern seperti zaman sekarang ini, manusia tidak harus menunggu lama untuk meraih hasil penumpukan gaya hidup yang tak sehat. Salah satunya, diabetes.

"Indonesia, khususnya pulau Jawa merupakan salah satu wilayah di dunia yang masih terang di malam hari. Masih banyak yang beraktivitas di malam hari. Waktu yang seharusnya digunakan tubuh untuk tidur. Hal inilah yang banyak dilakukan oleh orang-orang di usia produktif, 25 hingga 30 tahun, yang tergolong masih muda," tutur Astri Kurniawati, Manager of Nutrition and Health Science Department, Nutrifood Research Centre, dalam diskusi media dan Nutrifood dengan tema Diabetes Attacks Younger People di fX Plaza, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Apa bahayanya? Astri menjabarkan bahwa kehidupan malam yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak kaum muda membuat mereka rawan mengalami resistensi insulin.

"Secara alami, sesungguhnya tubuh sudah memiliki sistem kerja sendiri. Saat malam, organ-organ dalam tubuh memang sudah dirancang untuk beristirahat dengan tidur. Pagi sampai siang memang waktunya untuk beraktivitas. Apa yang terjadi jika sudah malam tetap beraktivitas? Saat itu hormon-hormon dalam tubuh akan terpengaruh. 


Hormon grelin sebagai hormon penimbul rasa lapar akan meningkat. Sedangkan hormon leptin, si hormon yang menekan nafsu makan akan rendah. Jadi, rasanya lapar. Makan malam hari membuat pankreas bekerja lebih aktif memproduksi insulin. Hal inilah yang memicu risiko diabetes akibat kemungkinan terjadi resistensi insulin. Karena pankreas akan lebih banyak menghasilkan insulin," jelas Astri.

Selain gaya hidup, diabetes pada anak muda pun disebabkan oleh faktor genetik. "Selain gaya hidup, diabetes juga penyakit turunan. Tetapi bisa dihindari, caranya dengan menghindari faktor pemicunya. Dengan apa? Jalani hidup sehat," tutupnya. (ina)
(tty)
Share this article :
Anda sedang membaca Artikel tentang Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes ndan anda bisa menemukan Artikel Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes ini dengan URL http://charphatianews.blogspot.com/2012/11/gaya-hidup-anak-muda-masa-kini-rawan.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes sebagai Sumbernya.
Photobucket

Ditulis Oleh : kliklihat.com

Artikel Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini Rawan Diabetes Semoga bermanfaat bagi sobat blog. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

Post a Comment

terimakasih atas kunjungan anda -

 
Support : Creating Website | KLIKLIHAT | KLIKLIHAT
Copyright © 2011. noname - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MASKOLIS
Proudly powered by Blogger